Matikan Komputer secara Otomatis


sering sekali biasanya saat sedang buntu mengerjakan tugas gw sering tidur2an dulu sambil dengerin musik hingga tertidur dan komputer masih dalam keadaan menyala. seperti kita ketahui pemakaian listrik komputer sebesar apa?? selain itu meninggalkan komputer dalam keadaan terjaga semalaman akan membuat k

omputer cepat rusak (seperti yang pernah dialami seorang teman, sorry bagi yang ngerasa,. hehe) karena panas yang berlebih atau belum lagi karena naik-turunnya listrik,.

nah, peristiwa diatas dapat diatasi dengan cara memasang timer agar komputer dapat secara otomatis shutdown sendiri. berikut adalah caranya :

buka control panel lalu pilih power options, pada

classic view biasanya akan power options akan langsung muncul dalam daftar, tetapi pada category view pilih terlebih dahulu Performance and Maintenance setelah itu akan muncul daftar yang memuat Power Options.

setelah itu akan muncul jendela Power Options Properties. pada tab Power Schemes akan terlihat beberapa settingan.tetapkan waktu berapa menit / jam monitor mati dan berapa menit / jam kemudian harddisk menyusul,. klik OK jika sudah..


ada cara lain untuk melakukan shutdown otomatis. pilih start –> run lalu ketikkan tsshutdn 3600 /powerdown setelah itu klik OK

Lalu akan muncul jendela pop-up pemberitahuan bahwa sistem akan shutdown dalam 3600 detik = 1 jam, seperti berikut :

selain jendela pop-up tersebut akan muncul jendela DOS seperti ini :

jangan tutup jendela DOS tersebut, karena jika ditutup maka timer akan mati dan sistem tidak akan shutdown secara otomatis.

N.B :

tsshutdn XX/powerdown

XX = per detik

kita dapat merubah waktu shutdown tersebut dengan angka berapa saja yang kita inginkan, pada contoh di atas nilai XX = 3600, maka komputer akan mati dalam 3600 detik. jika kita ingin mematikan dalam waktu 2 jam maka masukkan nilai XX menjadi 7200.

jangan bosan belajar
belajar untuk masa depan

0 komentar:

jangan lupa komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini. Untuk komentar yang tidak mendidik akan segera didelete. No SPAM, NO SARA! Terimakasih